Dell Inspiron 1420 Overheating issues alias Gampang Panas

Standard

Pertama – tama perkenalkanlah partner saya selama 1,5 tahun belakangan ini, yaitu my precious dell 1420, ini gambarnya :

dell 1420 black

btw ini gambar asal comot dari googling,bagi yang merasa punya saya ijin pake ya :D

Laptop ini saya tebus dari pameran di JHCC. Harganya berapa ya..lupa,udah agak lama sih soalnya. Kesan pertama sih elegan gitu, mirip – mirip dengan XPS ih waw :D karena keybord serta body dalemnya yang terbuat dari aluminium membuat saya langsung jatuh hati. Tapi begitu kesan kedua, it’s so damn heavy :( jadi mikir – mikir dulu,jadi beli apa nggak ya.. Tapi akhirnya ketebus juga, padahal waktu itu cuman niat jalan – jalan aja, lihat – lihat pameran gitu :D

Lho,kok jadi curhat gini :D Oke, kalo gitu kita mulai ke intinya. Mulai 1-2 bulan yang lalu, tiba – tiba my Dell ini mulai bersuara bising ketika digunakan agak lama dengan beban load CPU yang lumayan (bahasanya kaya lagi kerja ya?padahal cuman buat maen PES2010 :D), setelah saya cari tahu ternyata sumbernya dari kipas. Dan saat saya raba – raba bagian kiri keybord my Dell ini ternyata panas sekali (what the..) yaa..cukup lah buat nggoreng telur ceplok sampe mateng. Langsung saya vonis, ini laptop emang udah waktunya butuh kipas tambahan. Akhirnya saya nitip temen yang lagi ke MangDu, pesen yang agak mahalan, yang penting performance oke dan awet(Pemikiran orang jadul:D).

Mulailah my Dell dapet partner baru sebuah kipas di bawahnya, ternyata eh ternyata itu my Dell malah semakin panas dan dengan suara yang tetep nyaring. Okelah, saya pikir memang baru penyesuaian. Ladalah! gak begitu lama malah mati itu laptop..oh Tidaaaaak!! :( . Saya pikir itu masalah ada di softwarenya, baiklah, saya nyalain lagi. Dan ternyata, malah tewas di tengah jalan waktu booting *sigh*. Dan itu terjadi berulang kali setiap saya pakai my Dell tersebut.

Akhirnya saya menyerah, desperate. Bagaimana mungkin laptop yang saya tebus dengan harga yang tak mahal,eh? harga yang tak murah maksudnya sekarang gak bisa dipakai buat apa²? Sempet kepikiran buat jual murah aja ni laptop. Akhirnya sambil mikir² dijual apa nggak, saya anggurin tuh laptop hampir 2minggu lamanya.

Hingga akhirnya sekitar semingguan yang lalu saya temukan penyebabnya lewat googling, dan ternyata mudah sekali. Saya sampai tertawa terbahak – bahak setelah tahu dan berhasil mengatasi masalah panas tersebut. Kalau ingat waktu esmosi saat laptop mati sendiri rasanya sampe malu sekali :D

Temen – temen kalau ada yang punya masalah yang sama dengan saya. Tipsnya saya share di post selanjutnya ya.. Silahkan dibaca dan dipraktekkan sendiri, mudah kok :)

Untuk part 1 tipsnya bisa dibaca di sini Part 1

One thought on “Dell Inspiron 1420 Overheating issues alias Gampang Panas

Hujatan Anda akan sangat menyentuh hati Saya

