Memperbaiki Dell Inspiron 1420 Overheating issues (Gampang Panas,Berisik) Pt.1

Standard

Oke, seperti yang sudah saya katakan di post sebelumnya, saya akan membagi tips bagaimana mengatasi Laptop Dell 1420 yang gampang panas maupun berisik.

Tips pertama ini saya temukan di forum dell sendiri, yaitu dengan menggunakan cara thermal management menggunakan software tambahan yang bukan resmi dari Dell. Nama dari software ini adalah I8kfanGUI. Prinsip kerjanya sederhana, yaitu ‘memaksa’ kipas dari laptop anda sesuai dengan aturan/setting anda sendiri. Ini prikitiew dari I8kfanGUI :

Karena menurut logika awam saya, jika ada suatu barang yang terlampau panas, maka salah satu cara menurunkan panasnya tentu saja dengan mengipasinya dengan lebih kencang. Begitu juga dengan laptop, kan udah ada kipasnya tuh, tinggal gimana kita ngencengin anginnya🙂

Software ini cukup ampuh membantu membuang panas menurut saya, tapiii.. Ada tapiny lho.. Seperti yang tertera di webnya : “By using this software you are changing the thermal management of your DELL notebook. This program is not supported by DELL, so any damage caused by this program is not covered by your system’s warranty nor by me. YOU’RE USING THIS PROGRAM AT YOUR OWN RISK !” yang artinya kurang lebih, resiko menggunakan program/software ini anda sendiri yang menanggung🙂 . Tapi selama saya menggunakan program ini, belum ada masalah apapun. Asalkan settingannya yang sesuai dengan nalar saja ya🙂

Baiklah, jika anda ingin menggunakan software ini, silahkan berkunjung ke webnya langsung dan unduh programnya, gratis kok😀 Ini link dari program tersebut : http://www.diefer.de/i8kfan/index.html oh iya, mohon dicek dulu compatibility laptop anda dulu ya🙂

Jika ada pertanyaan, saya akan membantu sebisa saya. Silahkan comment di post ini dan saya pasti akan coba menjawab. Thankyou🙂

Untuk kelanjutan tipsnya tunggu di Pt.2 ya🙂

10 thoughts on “Memperbaiki Dell Inspiron 1420 Overheating issues (Gampang Panas,Berisik) Pt.1

  1. aloha

    Om, dell saya mengalami yang om alami atau tidak saya kurang paham…tapi dell inspiron 1420 saya kadang2 mati ketika saya login windows.

    • djembell

      Kalau itu mungkin dari Sistem Operasinya mas (Windowsnya). Bisa dicoba re-install ulang aja windowsnya🙂

  2. anwar khoir

    bener neh,, waktu nyalakan video tiba2 cpu usage meningkat bos.. bahkan bisa mati tiba2.. kalau di restrart pas membuka windows eh malah mati lagi…

  3. satrio

    allow bro….ijin nimbrung y….dell inspiron 1420 ku sering mati sendri waktu bt main game…off/ online…mohon bantuan na y all…tq sblm na..

Hujatan Anda akan sangat menyentuh hati Saya

