Prediksi Gempa Jakarta 8,7 SR

Standard
Jakarta during monthly Car Free Day, on the la...

Image via Wikipedia

Beberapa hari ini sepertinya mulai nge-trend kata – kata yang paling bikin saya merasa paranoid, Gempa!

Ya, benar. Gempa sempat bikin saya shock ketika waktu itu melanda Ujung Kulon dan berimbas sampai ke Jakarta. Kebetulan juga, waktu gempa itu saya masih berada di Gedung Sarana Jaya lantai 8. Dan Alhamdulillah sekarang malah dipindah ke lantai 22 di gedung sebelah -tepokjidat-.

Sambil menikmati perjalanan dari Kota Adinda kembali ke Jakarta saya iseng baca – baca detikdotcom. Ada berita yang cukup bikin saya agak trauma, di berita itu disebutkan Jakarta diprediksi akan dilanda gempa sebesar 8,7 SR. Apaaa?!8,7 kan kalau dibulatkan udah 9 tuh.

Pasti lagi bercanda nih Pak Staf Khusus Presiden Bidang Bencana. Well,itu yang ada di pikiran saya pertama kali waktu membaca berita itu, karena dalam pikiran saya mana mungkin gempa bisa diprediksi? Tapi ternyata setelah saya baca sampai tuntas, pernyataan Pak Andi Arief ini bukan tanpa alasan lho. Menurut beliau, jika kita mau menelusuri alur historikal gempa, maka kita akan mendapatkan periode gempa yang akan terjadi di suatu tempat (Prediksi).

Cara prediksi di atas bukanlah tanpa bukti, di perairan Aceh ditemukan sebuah kota kecil yang diperkirakan sudah terbenam selama 1400 tahun. Ini membuktikan bahwa di Aceh, pernah ada bencana besar yang mengakibatkan sebuah peradaban menghilang. Contoh lain bisa kita pelajari dari beberapa candi di Indonesia, mengapa sebagian besar candi terkubur?mengapa di sekitar bangunan yang sangat megah pada waktunya itu tidak ditemukan peradaban yang megah juga?

Menurut saya Pak Andi ini benar juga. Masalah Candi itu juga jadi pikiran yang ada di benak saya. Kenapa orang – orang dahulu seperti tergesa – gesa meninggalkan bangunan kebanggaan mereka? Terpaksa? Atau terhapus bencana?

Benar ataupun kurang benar pernyataan dari staf ahli ini, semoga bencana tersebut jangan sampai terjadi di Indonesia. Tapi yang namanya Bencana, siapapun tidak akan bisa menghentikan hal tersebut. Yang kita bisa adalah selalu waspada dan bersiap menghadapi yang terburuk dan siaga jika pemberitahuan bencana sudah diumumkan. Ngomong-ngomong udah ada yang pernah lihat Pemberitahuan Dini Bencana di Indonesia?🙂

18 Mei 2011- Kereta ekspres malam

Hujatan Anda akan sangat menyentuh hati Saya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s