Pertanyaan retorik

Standard

Pasti pernah kan, denger pertanyaan dari seseorang yang sebenernya itu gak harus dijawab, karena, jawaban dari pertanyaan itu sudah hampir pasti 99% kita tau. Ya, itulah namanya pertanyaan retorik.

Saya ada cerita soal pertanyaan retorik. Jadi saya punya kawan, sebut aja Joni. Kawan saya ini, punya kebiasaan buruk suka ngelea jawaban daripada pertanyaan retorik ini.

Awal mula cerita, suatu sore, si Joni ini baru saja balik ke kosan, dan kebetulan saya lagi ada di parkiran. Kira-kira beginilah percakapan antara 2 makhluk yang tidak dapat dimengerti arah dan tujuan hidupnya di dunia ini :

Saya(nantinya saya singkat “S” aja ya biar gak panjang) : Eh, elu Jon. Barusan pulang?
Joni(dia minta disingkat jadi “R”, katanya udah dari dulu ngidam dipanggil Robert :|)  : Kagak cuy, udah dari lebaran monyet gw nyampe kosan! Orang liat sendiri, gw barusan parkir motor!
S : Uih, galak banget coy. Sabar-sabar. Itu napa wajah lo? kaya abis di-uppercut Tyson gitu.
R : Sory, lagi apes nih.
S : emang kenapa lo? Ketangkep nyopet?
R : Gile lu, kagak! Jadi gini, kan tadi pagi ada tu cewek bediri depan kosan, trus dia tanya “bang, ini kosan apa bukan? ” ya gw jawab “Bujug! Bukan mbak, ini panti pijet. Mau daftar? Orang keliatan banyak pintu jendela gitu, ya pasti kosan lah ciin” ee malah marah dia.
S : Trus ditamparin lo? Jadi kaya gini?
R : Bukan, ntar dulu, gw belom selesai cerita, sabar. Trus kan gw siap-siap berangkat kerja, ee itu motor bannya kempes coy. Mampir dulu gw ke tukang tambal ban yang deket ojek-ojek tu. Sampe situ ditanyain ama abangnya “Mau tambah angin bos? ” ya gw ketawa, trus gw jawab “Kagak bang. Mau tambah roda aja deh. Tambah atu gitu, biar kaya bemo. Kan seru tu bang” edan, abangnya sensitif coy. Marah dia, suruh ngisi angin sendiri, untung gak suruh niup tu.
S : Lu digebug’in abangnya!?
R : Entar dulu, kan belom kelar. Naah, abis kerja gw janjian ketemuan ama orang di Monas. Abis kelar urusan gw balik, nah mau ke parkiran gw liat tu, ada warung makan menunya yahud deket ring tinju. Mampir dulu dong, biasa, naluri warteg😀 Nah, pas gw masuk, ditanyain ama mbaknya “Silahkan mas, mau makan? ” gw ketawa ngakak kenceng bener itu cuy, pertanyaan favorit gw nih dalem ati gw bilang. Ya gw jawab masih sambil ngakak “Nggak mbak, saya mau nantangin tinju” pikir gw “yes, kena telak” ee gak taunya cuy, itu si embaknya tiba2 teriak ke arah dapur “Pak-pak! Ini ada yang nantangin tinju! ” nah pas gw tengok arah dapur itu cuy, gw liat tulisan “KANTIN SASANA TINJU. DIBUKA UNTUK UMUM MULAI BULAN SAWAL 1944” Abis gw baca, lemes gw cuy. Itu gak tau bapaknya apa suaminya, udah mirip sapi australi, set dah! Gede bener badannya. Langsung aja gw ditarik ke ring tinju sebelah.
S : Trus lu di atas ring main tinju?
R : Seinget gw sih main lompat tali, bola bekel sama mainan barbie coy. Ya iyalah tinju, dikirain nantangin beneran gw. Apes dah ah😦
S : Hahaha, makanya Jon. Kalo ditanya itu jawab yang bener. Biar gak apes. Trus lu ni tadi dari monas naik motor sendirian sampe kosan?
R : Enggak, naek delman, bareng ibu-ibu PKK RT sebelah. Itu kudanya masih di depan.
S : Serah deh😐

3 thoughts on “Pertanyaan retorik

Hujatan Anda akan sangat menyentuh hati Saya

